Cari Blog Ini

Minggu, 16 Oktober 2016

Table Routing || CrackenEgg' ||

 
Tabel Routing adalah tabel yang berisi tentang data jalur pada router sehingga router dapat berkomunikasi atau tukar menukar data dengan network yang berbeda. Tabel ini berisikan Ip – Ip yang akan dituju pada router, sehingga router dapat memilih jalur yang lebih efektif untuk mengirim data. Sebagai contoh :


Terdapat 3 router yaitu Router merah Router hijau dan Router biru, masing – masing router sudah mendapatkan tabel routernya sendiri.  apabila router merah ingin mengirim pesan kepada router hijau maka tentu saja router merah akan langsung menuju pada router hijau, tidak perlu menuju pada router biru. Dan apabila pada jalur 2 putus maka router merah secara terpaksa harus melewati ke router biru.

Terdapat 2 bentuk routing, yaitu:
- Direct Routing (direct delivery); paket dikirimkan dari satu mesin ke mesin lain secara langsung (host berada pada jaringan fisik yang sama) sehingga tidak perlu melalui mesin lain atau gateway.

-Indirect Routing (indirect delivery); paket dikirimkan dari suatu mesin ke mesin yang lain yang tidak terhubung langsung (berbeda jaringan) sehingga paket akan melewati satu atau lebih gateway atau network yang lain sebelum sampai ke mesin yang dituju.

Tabel Routing pada umumnya berisi informasi tentang:
- Alamat Network Tujuan
- Interface Router yang terdekat dengan network tujuan
- Metric, yaitu sebuah nilai yang menunjukkan jarak untuk mencapai network tujuan. Metric tesebut menggunakan teknik berdasarkan jumlah lompatan (Hop Count).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar